Monday 21 December 2015

SISTEM OPERASI WINDOWS

Sejarah Windows menggunakan logo Window

Logo jendela mulai diperkenalkan sejak rilis Windows 3.1 diawal tahun 90-an. Dengan tampilan berbentuk kotak yang memiliki batas hitam bertahan hingga tahun 2001. Metamorfosa terjadi pada saat XP di rilis, desain jendela dibuat melambai layaknya bendera berkibar. Selanjutnya untuk Vista dan 7 dibuat lebih elegan dengan logo jendela yang lebih bersinar. Jendela sebagai logo digambarkan sebagai kumpulan aplikasi yang disusun dalam tiap jendela. Hal ini untuk memudahkan menjalankan aplikasi yang dipisahkan berdasarkan fungsi dan kegunaannya. Sedangkan desain 4 warna dasar yaitu merah, hijau, biru dan kuning merupakan warna dasar yang dipilih karena dianggap sebagai warna yang memiliki kontras yang baik bagi mata.

Arti Logo Windows




Pertama kali diluncurkan sebagai sistem operasi pada tahun 1983 dengan nama Windows tanpa embel-embel versi. Versi 1.0 sendiri baru diumumkan dua tahun kemudian seiring pula dengan logo pertamanya. Logo pertama ini sekilas mirip dengan logo Windows 8. Dengan desain sederhana berupa kotak dibagi empat namun dengan posisi yang tidak sama rata.



Windows 3.1/3.1.1



















Berlanjut ke Windows 3.1 dan Windows 3.1.1, disini mulai digunakan 4 warna pada logo jendela beserta efek kibaran yang bermakna pergerakan. Sedangkan desain 4 warna dasar yaitu merah, hijau, biru dan kuning merupakan warna dasar yang dipilih karena dianggap sebagai warna yang memiliki kontras yang baik bagi mata.

Windows 95
















Perubahan drastis terjadi pada sistem operasi dari versi 3.1 ke 95. Disini mulai diperkenalkan menu yang tersusun berdasarkan aplikasi yang bisa diakses melalui tombol Start. Logonya pun mulai ditampilkan mirip dengan Windows 3.1 namun dengan perubahan posisinya yang condong miring dengan latar belakang warna biru langit.

Windows 98












Windows 98 sebagai penerus 95 hadir dalam dua versi yaitu 98 dan 98SE (Second Edition). Meski demikian logo keduanya tetap sama. Mengalami sedikit perbaikan dari logo Windows 95 namun dengan nuansa latar biru langit yang lebih dinamis.

Windows ME















Windows ME (Millenium Edition) yang bisa dibilang versi Windows 98 namun dengan penambahan feature multimedianya memang terbilang tidak sukses. Namun disini mulai diperkenalkan feature lain yaitu system restore. Untuk itu logo ME dibuat bernuansa multimedia, dengan menambahkan tiga kotak yang mengiringi logo jendela ditengahnya.


Windows XP













Perubahan desain yang lebih modern mulai terjadi pada Windows XP. Disini mulai dikenal logo jendela dengan desain seperti kibaran bendera atau disebut pula Windows Flag. Tombol Start menggunakan desain yang lebih elegan serta sentuhan bernuansa 3D yang lebih menarik.

Windows Vista dan 7










Pada Windows Vista, logo Windows XP berada dalam satu lingkaran bernuansa gelas kaca berwarna latar biru. Hal ini menandai feature baru pada Windows yaitu efek Aero Glass. Dan karena Microsoft menganggap Windows Vista kurang berhasil, sebagai penerusnya Windows 7 masih menggunakan logo kibaran jendela, namun tanpa menggunakan lingkaran.

Windows 8/8.1







Pada Windows 8, Microsoft berupaya menciptakan sebuah logo yang bergaya modern, klasik namun tetap sederhana. Logo Windows 8 sendiri menegaskan bahwa logo ini merupakan sebuah jendela dan bukannya bendera, dimana logo sebelumnya menggunakan logo jendela tetapi dengan posisi seperti bendera berkibar. Logo Windows 8 dibuat agak miring mengarah ke atas yang juga merupakan simbol saat digunakan pada perangkat tablet. Microsoft juga menegaskan kesederhanaan logo baru ini menggambarkan sifat rendah hati namun percaya diri dengan kembali ke logo awal yang dimodernisasi.

Sejarah Windows

1. Windows1.0

Versi pertama Microsoft Windows, yang disebut dengan Windows 1.0, dirilis pada tanggal 20 November 1985. Pada Windows 1.0 ini masih perlu banyak perubahan, karena Windows 1.0 masih kurang terkenal dipasaran. Pada awalnya Windows 1.0 ini akan diberi nama "Interface Manager" tetapi kurang setuju dengan nama itu, Para petinggi Mircosoft akan lebih memikat dengan nama sendiri yaitu dengan nama "WINDOWS". Windows 1.0 bukanlah sistem operasi yang lengkap, Tetapi hanya memperluas kemampuan MS-DOS dengan tambahan antarmuka Grafis. Windows 1.0 juga memiliki masalah dan kelemahan yang sama yang dimiliki oleh MS-DOS.

inilah wajah Windows 1.0












2. Windows 2.0

Windows versi 2 pun muncul kemudian pada tanggal 9 Desember 1987, dan menjadi sedikit lebih populer dibandingkan dengan pendahulunya. Sebagian besar populeritasnya didapat karena kedekatannya dengan aplikasi grafis buatan Microsoft, Microsoft Excel for Windows dan Microsoft Word for Windows, Aplikasi ini bisa dijalankan dari MS-DOS untuk kemudian memasuki Windows untuk menjalankan aplikasi tersebut dan akan keluar dengan sendirinya saat aplikasi tersebut ditutup.

ini wajah Windows 2.0















3. Windows 3.0

Microsoft Windows akhirnya mencapai kesuksesan yang sangat signifikan saat menginjak versi 3.0 yang dirilis pada tahun 1990. Selain menawarkan peningkatan kemampuan terhadap aplikasi Windows, Windows 3.0 juga mampu mengizinkan

pengguna untuk menjalankan beberapa aplikasi MS-DOS secara serentak (multitasking), karena memang pada versi ini telah diperkenalkan memori virtual. Windows 3.0 dapat berjalan di dalam tiga modus, yakni modus real, modus standar, dan modus 386 Enhanced, dan kompatibel dengan prosesor-prosesor keluarga Intel dari Intel 8086/8088, 80286, hingga 80386. Windows 3.0 akan mencoba untuk mendeteksi modus mana yang akan digunakan, meski pengguna dapat memaksa agar Windows bekerja dalam modus tertentu saja dengan menggunakan switch-switch tertentu saat menjalankannya
· win /r: memaksa Windows untuk berjalan di dalam modus real
· win /s: memaksa Windows untuk berjalan di dalam modus standar
· win /3: memaksa Windows untuk berjalan di dalam modus 386 Enhanced.

ini wajah Windows 3.0















4. Windows NT
Arsitek utama dari Windows NT adalah Dave Cutler, yang merupakan salah satu dari pemimpin arsitek sistem operasi VMS di perusahaan Digital Equipment Corporation (DEC), yang kemudian dibeli oleh Compaq yang sekarang bagian dari Hewlett-Packard. Sebelum pindah ke Microsoft, Cutler sebenarnya sedang membuat sebuah sistem operasi penerus VMS di DEC, yang disebut dengan Mica. Dan pada saat petinggi DEC menggagalkan proyek tersebut, ia keluar dari DEC dan membawa banyak pekerja ahli bersamanya ke Microsoft. DEC memiliki keyakinan bahwa Cutler membawa kode Mica untuk digunakan oleh Microsoft dan menuntutnya. Akhirnya, Microsoft pun kalah dan pada akhirnya disuruh membayar 150 juta dolar Amerika dan memiliki kesepakatan untuk mendukung chip CPU baru buaan DEC, DEC Alpha, yang kala itu tercatat sebagai sebuah chip tercepat, agar dapat berjalan di dalam Windows NT

ini wajah Windows NT















5. Windows 95

Setelah Windows 3.11, Microsoft mulai memulai pengembangan sebuah versi Windows yang berorientasi kepada pengguna yang diberi nama kode Chicago. Win32 API yang pertama kali diperkenalkan pada Windows NT pun diadopsi sebagai sebuah standar antarmuka pemrograman baru yang berbasis 32-bit, dengan kompatibilitas Win16 juga dipertahankan dengan menggunakan sebuah teknik yang dinamakan dengan "thunking". GUI yang baru juga dimiliki oleh sistem operasi, meskipun pada awalnya Microsoft tidak merencanakannya sebagai bagian dari sistem operasi saat dirilis. Memang beberapa elemen antarmuka pengguna yang dimiliki oleh Cairo dipinjam dan ditambahkan kepada sistem operasi tersbut sebagai aspek lainnya dari versi itu (khususnya fitur Plug and Play).
Microsoft merilis Windows 95 dalam lima versi berbeda, yakni sebagai berikut:
· Windows 95 - rilis yang sebenarnya dari Windows 95

· Windows 95 A - mencakup pembaruan Windows 95 Original Service Release 1 (OSR1) yang dimasukkan secara langsung terhadap instalasi.

· Windows 95 B - mencakup beberapa pembaruan mayor lainnya, seperti halnya sistem berkas FAT32, dan Internet Explorer 3.0. Versi ini juga dikenal dengan Windows 95 OSR2, atau banyak orang di Indonesia menyebutnya sebagai Windows 97.

· Windows 95 B USB - atau Windows 95 OSR2.1 merupakan versi Windows 95 yang menawarkan dukungan terhadap perangkat keras berbasis bus Universal Serial Bus/USB.

· Windows 95 C - atau Windows 95 OSR2.5 mencakup semua fitur di atas, ditambah Internet Explorer 4.0. Versi ini merupakan versi yang paling terakhir dirilis dari seri Windows 95.

ini wajah Windows '95















6. Windows 98

Pada 25 Juni 1998, Microsoft merilis sebuah sistem operasi Windows baru, yang dikenal sebagai Windows 98. Windows 98 dianggap sebagai revisi minor terhadap Windows 95, tapi secara umum dilihat jauh lebih stabil dan dapat diandalkan dibandingkan dengan pendahulunya yaitu Windows 95. Windows 98 mencakup banyak driver perangkat keras baru dan dukungan sistem berkas FAT32 yang lebih baik yang mengizinkan partisi untuk memiliki kapasitas lebih besar dari 2 gigabyte, sebuah batasan yang terdapat di dalam Windows 95. Dukungan USB di dalam Windows 98 pun juga jauh lebih baik dibandingkan dengan pendahulunya.

ini wajah Windows '98
















7. Windows 2000

Microsoft merilis Windows 2000 pada 17 Februari 2000, sebuah versi yang sebelumnya dikenal dengan sebutan Windows NT 5.0 atau "NT 5.0". Versi Windows 2000 ditujukan untuk dua pangsa pasar, yakni pangsa pasar workstation dan juga pangsa pasar server.Di antara fitur-fitur Windows 2000 yang paling signifikan adalah Active Directory, sebuah model jaringan pengganti model jaringan NT domain, yang menggunakan teknologi yang merupakan standar industri, seperti Domain Name System (DNS),Lightweight Directory Access Protocol (LDAP), dan Kerberos untuk menghubungkan antara sebuah mesin ke mesin lainnya. Windows Terminal Services juga, yang pada Windows NT 4.0 hanya terdapat di dalam satu produk saja, pada Windows 2000 terdapat dalam semua versi server.
Windows 2000 tersedia dalam enam edisi, yakni:

· Windows 2000 Professional
· Windows 2000 Server
· Windows 2000 Advanced Server
· Windows 2000 Datacenter Server
· Windows 2000 Advanced Server Limited Edition
· Windows 2000 Datacenter Server Limited Edition.

ini wajah Windows 2000















8. Windows ME (Millennium Edition)

Pada bulan September 2000, Microsoft memperkenalkan Windows Millennium Edition (dikenal juga dengan sebutan Windows Me atau Windows ME).Versi ini juga memasukkan fitur "System Restore," yang mengizinkan para penggunanya untuk mengembalikan keadaan sistem ke sebuah titik yang dikenal baik-baik saja, pada saat sistem operasi mengalami kegagalan. System Restore menjadi fitur yang masih dipertahankan pada Windows XP. Versi ini juga memperkenalkan Windows Movie Maker versi pertama.

ini wajah Windows ME (Millennium Edition)















9. Windows XP

Pada tahun 2001, Microsoft memperkenalkan Windows XP (yang memiliki nama kode "Whistler" selama pengembangan). Akhirnya, setelah merilis beberapa versi Windows berbasis Windows 9x dan NT, Microsoft berhasil menyatukan kedua jajaran produk tersebut. Windows XP menggunakan kernel Windows NT 5.1, sehingga menjadikan kernel Windows NT yang terkenal dengan kestabilannya memasuki pasar konsumen rumahan, untuk menggantikan produk Windows 9x yang berbasis 16/32-bit yang sudah menua.

Windows XP tersedia dalam beberapa versi:
· Windows XP Home Edition, yang ditujukan untuk pasar desktop dan laptop rumahan.
· Windows XP Home Edition N, sama seperti Home Edition yang biasa, tapi tidak memiliki Windows Media Player, karena memang peraturan Uni Eropa tidak memperbolehkannya.

· Windows XP Professional, yang ditujukan bagi para power user dan pebisnis.
· Windows XP Professional N, sama seperti Professional Edition, tapi tidak memiliki Windows Media Player, karena peraturan Uni Eropa tidak mengizinkannya.

· Windows XP Media Center Edition (MCE), dirilis pada bulan November 2002, merupakan Windows XP Home Edition yang ditujukan untuk dektop dan laptop dengan penekanan pada hiburan rumahan.

· Windows XP Media Center Edition 2003
· Windows XP Media Center Edition 2004
· Windows XP Media Center Edition 2005, yang dirilis pada 12 Oktober 2004.
· Windows XP Tablet PC Edition, yang ditujukan untuk PC Tablet (PC dengan layar sentuh)
· Windows XP Tablet PC Edition 2005
· Windows XP Embedded, yang ditujukan untuk sistem benam (embedded system)
· Windows XP Starter Edition, yang ditujukan untuk para pengguna komputer di beberapa negara berkembang.

· Windows XP Professional x64 Edition, yang dirilis pada 25 April 2005 untuk sistem-sistem rumahan dan workstationyang menggunakan prosesor 64- bit yang berbasiskan set instruksi x86-64 (AMD64 atau Intel EM64T).

· Windows XP 64-bit Edition, merupakan sebuah versi Windows XP yang ditujukan untuk jajaran prosesor Intel Itanium, yang mempertahankan kompatibilitas dengan aplikasi 32-bit dengan menggunakan emulator perangkat lunak. Versi ini sama saja dengan Windows XP Professional, dari segi fitur-fiturnya. Produk ini dihentikan pada bulan September 2005 saat vendor terakhir workstation berbasis prosesor Itanium menghentikan produk-produknya sebagai "workstation", karena memang mereka cenderung memfokuskan Itanium sebagai basis komputer server.

· Windows XP 64-bit Edition 2003, dibuat berbasiskan basis kode Windows NT 5.2 (sama seperti Windows Server 2003).

ini wajah Windows XP












10. Windows Vista

Setelah meraih kesukesan besar dengan Windows XP, Microsoft tidak lantas berhenti begitu saja mengembangkan Windows. Versi terbaru dari Windows, disebut dengan Windows Vista, dirilis pada tanggal 30 November 2006, bagi kalangan bisnis sementara untuk kalangan pengguna rumahan dirilis pada tanggal 30 Januari 2007. Windows Vista memang dicanangkan agar memiliki keamanan yang lebih tangguh dibandingkan dengan versi-versi sebelumnya, dengan memperkenalkan sebuah modus pengguna yang terbatas, yang disebut sebagai User Account Control (UAC), untuk menggantikan filosofi "administrator-by-default" yang diberlakukan pada Windows XP. Windows Vista juga memperkenalkan fitur grafik yang jauh lebih "memikat", yang disebut dengan Windows Aero GUI, aplikasi yang baru (seperti halnya Windows Calendar, Windows DVD Maker dan beberapa gamebaru
termasuk Chess Titans, Mahjong, dan Purble Place). Selain itu, Windows Vista juga menawarkan versi Microsoft Internet Explorer yang lebih aman, serta Windows Media Player versi 11 yaitu Versi terbaru. Windows Vista juga bisa dibilang sebagai Windows Evolusi, Karena Windows Vista menggabungkan antara WIndows XP dan Windows 7
Windows Vista dijual dalam beberapa edisi:
· Windows Vista Starter
· Windows Vista Home Basic
· Windows Vista Home Premium
· Windows Vista Business
· Windows Vista Enterprise
· Windows Vista Ultimate

ini wajah Windows Vista













11. Windows 7
Windows 7 adalah versi windows terakhir yang menggunakan menu start yang menggantikan versi windows sebelumnya,Windows Vista. Windows 7 dirilis untuk pabrikan komputer pada 22 Juli 2009 dan dirilis untuk publik pada 22 Oktober 2009 kurang dari tiga tahun setelah rilis pendahulunya, Windows Vista.
Sama seperti Windows Vista, Windows 7 juga tersedia dalam 6 edisi yaitu:
· Windows 7 Starter
· Windows 7 Home Basic
· Windows 7 Home Premium
· Windows 7 Professional
· Windows 7 Ultimate
· Windows 7 Enterprice

ini wajah Windows 7











12. Windows 8

Windows 8 adalah nama dari versi terbaru Microsoft Windows, serangkaian sistem operasi yang diproduksi oleh Microsoft untuk digunakan pada komputer pribadi, termasuk komputer rumah dan
bisnis, laptop, netbook, tablet PC, server, dan PC pusat media. Sistem operasi ini menggunakan mikroprosesor ARM selain mikroprosesor x86 tradisional buatan Intel dan AMD. Antarmuka penggunanya diubah agar mampu digunakan pada peralatan layar sentuh selain mouse dan keyboard, sehingga Windows 8 di desain untuk perangkat tablet sentuh.

Fitur:

· Desain aplikasi Windows 8 UI, yang bisa dibuat dari bahasa pemograman apa saja, seperti : HTML/CSS, JavaScript, C, C++, C#, dll.
· Hilangnya tombol Mulai (digantikan oleh Layar Mulai dan Charms).
· Hilangnya tombol start pada desktop
· Kompatibel dengan arsitektur Intel, AMD, dan ARM (khususnya tablet).
· Kompatibel dengan perangkat berspesifikasi rendah seperti Tablet, Laptop, Netbook, bahkan Smartphone
· Portabel di USB (Windows To Go).
· Windows Explorer menggunakan ribbon seperti Office 2010 & 2007, juga berganti nama menjadi 'File Explorer.
· Hybrid Boot, fitur untuk mempercepat waktu start-up dengan menyimpan memori inti Windows ke dalam hard disk dan me-load-nya tiap booting.
· Fitur pengembalian (recovery) baru, Refresh dan Reset. Refresh akan mengembalikan semua file Windows ke kondisi awal tanpa mengubah pengaturan, berkas, atau aplikasi Windows 8 UI. Reset akan mengembalikan komputer ke kondisi standar pabrikan.
· Rancangan baru dari Windows Task Manager.
· Proses aktivasi yang mudah.
· Diperkenalkannya Layar Kunci (Lock Screen).
· Bursa Windows, sebagai tempat membeli atau menginstal aplikasi Windows 8 UI.
· Aplikasi media penyimpanan awan baru yang disebut Skydrive.
· Antivirus yang sudah terintegrasi dengan Windows Defender.
· Pilihan jenis log-in yang beragam, yaitu sandi akun Microsoft/lokal, sandi gambar, dan PIN.
Edisi:

· Windows 8
Windows 8 adalah edisi standar Windows untuk arsitektur IA-32 dan x64. Dokumantasi yang didapat dari ImageX tool dan buku Paul Thurrott di Windows 8 juga menyebutkan versi ini sebagai "Core". Edisi ini membawa fitur-fitur yang ditunjukkan untuk pengguna rumahan dan memberikan semua fitur standar Windows 8 seperti Layar Mulai, ubin langsung, Bursa Windows, Internet Explorer 10, dan lain-lain.

· Windows 8 Pro
Windows 8 Pro sebanding dengan Windows 7 Professional dan Ultimate dan ditunjukkan pada pengguna tingkat lanjut atau pengguna rumahan tingkat lanjut (dengan Windows Media Center meskipun harus membelinya lagi ). Fitur tambahan meliputi kemampuan untuk menerima koneksi Remote Desktop, ikut serta dalam Domain Windows Server, Enkripsi Berkas Sistem, Hyper-V, pemuatan (booting) Virtual Hard Disk, Group Policy, BitLocker dan BitLocker To Go.

· Windows 8 Enterprise
Windows 8 Enterprise menyediakan semua fitur di Windows 8 Pro (kecuali kemampuan untuk memasang Windows Media Center), dengan fitur tambahan untuk membantu organisasi TI (lihat tabel dibawah). Edisi ini tersedia untuk pengguna Software Assurance atau pelanggan MSDN dan TechNet Professional, dan dirilis tanggal 16 Agustus 2012.

· Windows RT
Windows RT hanya akan tersedia terpasang di perangkat berbasis ARM seperti tablet KP. Windows RT akan terpaket dengan versi yang teroptimalkan untuk sentuh dari versi desktop Microsoft Office 2013 Home and Student (Microsoft Office RT 2013) berisi Word, Excel, PowerPoint, dan OneNote, dan mendukung kemampuan enkripsi perangkat. Beberapa fitur kantoran seperti Group Policy dan dukungan domain tidak didukung.
ini wajah Start menu dan desktop Windows 8





















Daftar Pustaka





3. Foto destop setiap windows di ambil dari google image.















































































































21



No comments:

Post a Comment